10 pulau paling indah untuk dikunjungi di Indonesia

”Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
S’lalu dipuja-puja bangsa”

Kali ini aku pengen ngebahas tentang keindahan Indonesia.. terutama pulau-pulaunya. Mungkin sebagian orang belum tahu keindahan pulau-pulau tersebut dan sekali lagi.. semuanya itu ada di Indonesia.. Gak usah jauh-jauh ke Phuket di Thailand atau ke Hawaii deh, coba jelajahin dulu yang ada di Indonesia, gak kalah menarik lho, Bule aja doyan, masa kita orang Indonesia gak doyan.

10. Pulau Umang

Pulau Umang terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten, dan dapat ditempuh kurang lebih 4 jam perjalanan dari Jakarta. Pulau kecil nan cantik ini dibuka untuk umum dengan konsep resort & spa. Yang menarik di tempat ini adalah kita dapat melakukan berbagai macam olahraga air (seperti snorkling, jet ski dan banana boat) karena ombak di sini relatif tenang yang disebabkan letak pulau tidak langsung menghadap laut lepas. Fasilitas yang perlu dicoba tentu adalah spa, pasti beda deh dengan spa di perkotaan, karna di sini kita menjalani spa sembari menghirup udara laut nan segar.

9. Pulau Komodo

Pulau Komodo masuk ke daftar ini karena pulau ini termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia yang diakui oleh UNESCO, di mana tempat ini merupakan habitat komodo satu-satunya di dunia. Pulau ini terletak di ujung barat Nusa Tenggara Timur dan berbatasan dengan Nusa Tenggara Barat. Di sini selain dapat melihat kehidupan reptil purba tersebut kita juga dapat menikmati keindahan bawah lautnya. Menarik bukan?

8. Pulau Tidung

Buat yang tinggal di Jakarta gak usah jauh-jauh dulu cari lokasi wisata pantai dan laut yang indah. Pulau Tidung yang terletak di Kepulauan Seribu ini cocok untuk dicoba. Air lautnya yang masih jernih dan terumbu karang yang cukup bagus menjadi daya tarik utama. Kita juga bisa keliling pulau naik sepeda lho. Asyik kan! Yah pokoknya jadi alternatif wisata murah meriah deh buat yang bosen ke mall terus pas weekend di Jakarta.

7. Pulau Sempu

Pulau yang terletak di sebelah selatan kota Malang ini terkenal dengan danaunya yang berpasir putih (Segara Anakan) yang langsung terhubung dengan laut yang dibatasi tebing karang. Pulau ini tidak berpenghuni sehingga masih asri dan alami. Cocok untuk para petualang sejati.

6. Pulau Lombok

Bagi para turis mungkin Pulau Lombok sudah menjadi Bali kedua. Keindahan pantainya tidak kalah dengan pantai di Bali. Di Lombok juga ada pantai Kuta. Tentu beda dengan pantai Kuta yang di Bali, tapi soal pemandangan gak kalah indahnya kok. Oh iya.. untuk pecinta olahraga surfing tempat ini sangat-sangat recommended deh, udah sering banget diadain surfing competition di sini.

5. Pulau Karimun Jawa

Mungkin lebih cocok dinamakan Kepulauan Karimun Jawa karena terdiri dari 27 pulau dengan 5 pulau berpenghuni. Mirip-mirip dengan Kepulauan Seribu di sebelah utara Jakarta. Kepulauan ini terletak di sebelah timur laut kota Semarang. Tempat ini menawarkan keindahan pantai dan terumbu karangnya.

4. Pulau Derawan

Pulau yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini sering disebut dengan pulau penyu karna merupakan habitat langka penyu hijau dan penyu sisik. Pulau ini sangat indah dengan gradasi biru dan hijau, paduan warna laut dan lumut yang memukau. Sangat cocok untuk lokasi diving dan menjadi salah satu tempat diving favorit selain Bunaken.

3. Pulau Bunaken

Bunaken merupakan salah satu tujuan wisata utama di Indonesia. Terletak di Sulawesi Utara, tidak jauh dari Manado. Tempat ini terkenal dengan Taman Laut Bunaken, di mana kita bisa melakukan diving dan melihat keindahan kehidupan bawah laut dengan sistem rantai makanan yang sempurna. Pengen dong ngerasain nyelam sampai kedalaman 100 meter, melihat warna warni terumbu karang dan biotanya dengan air laut yang hangat khas tropis, wow!

BACA JUGA: Pengertian rantai makanan.

2. Pulau Raja Ampat

Pernah denger gak namanya? Mungkin bagi sebagian orang kurang familiar yah namanya. Pulau Raja Ampat terletak di Papua Barat. Tempat ini sangat eksotis dan menyimpan sejuta keindahan bawah laut. Mirip2 sama Phuket Island di Thailand deh. Serasa jadi Leonardo di Caprio di film The Beach. Tempat ini sangat-sangat recommended buat yang suka diving dan bisa menjadi alternatif pilihan selain Bunaken.

1. Pulau Bali

Jelas nomor satunya pasti Pulau Bali. Orang bule aja kalo ditanya tentang Indonesia pasti ngomonginnya Pulau Bali. Pulau nan eksotis dengan julukan Pulau Dewata ini memang menyimpan beragam keindahan alam dan budaya. Kalo cuman punya 3 hari untuk kelilingin pulau ini rasanya kurang deh, karena tempat wisatanya yang bisa dikunjungi banyak banget, apalagi wisata pantainya. Suasana di malam hari juga gak kalah menarik, terutama di daerah Kuta.