Kandungan manfaat daun sirsak

Kamu semua pasti sudah tahu dan mengenal dengan baik buah sirsak bukan? bagi kebanyakan orang buah itu enak dimakan, namun bagi saya pribadi rasanya tidak cukup enak dibandingkan dengan buah yang lainnya. Selerea orang boleh berbeda namun tetap saja, buah adalah anugerah yang memiliki manfaat tinggi. Meski pun saya tidak menyukai rasa buah ini, namun kandungan pada daun sirsak begitu penting dan layak untuk dipertimbangkan sebagai media obat tradisional. Beberapa kandungan yang terdapat diketahui dapat mencegah penyakit berbahaya dan mematikan, secara khusus saya akan mengupas tuntas manfaat daun sirsak bagi kesehatan tubuh kita pada artikel kali ini.

Di bawah ini beberapa kandungan daun sirsak:

Mengurangi resiko serangan kanker

Kanker termasuk ke dalam penyakit ganas yang banyak menghilangkan nyawa korbannya. Selain itu penyakit ini juga dikenal tidak pernah kompromi terhadap pasiennya. Banyak cara ditempuh praktisi kesehatan untuk mengobati kanker mulai dari pengangkatan, radiasi dan yang lainnya. Kebanyakan memang berhasil disembuhkan, namun apakah kamu sudah siap mengeluarkan biaya pengobatannya? Biaya yang dikeluarkan untuk menyembuhkan kanker sangat tinggi dan susah dijangkau oleh masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Oleh sebab itu pencegahan adalah jalan terbaik untuk menghindari serangan penyakit kanker. Minggu lalu saya membaca artikel yang secara khusus menerangkan kanker di janggleng, cukup menarik namun sedikit menakutkan memang. Semoga kita semua dapat terhindar dari penyakit ganas ini.

Menurunkan asam urat berlebih

Jika kamu termasuk orang yang bermasalah dengan asam urat maka daun sirsak sangat baik untuk dijadikan obat. Selain mudah didapat, daun sirsak juga tidak mengharuskan kamu untuk mengeluarkan biaya. Cukup merebus daun kaya manfaat ini. Jika nanti air rebusan teresbut terlalu pahit maka kamu dapat menambahkan sedikit madu atau pemanis lainnya. Jangan gunakan pemanis buatan karena dapat menimbulkan efek berbahaya lainnya.

Penyembuh rematik

Pasti kamu yang berusia di atas 30 tahun pernah atau bahkan sering mengalami rematik bukan? Daun sirsak bisa kamu jadikan sebagai solusi untuk masalah menjengkelkan tersebut. Rematik pada dasarnya masalah yang timbul karena hilangnya pelumas alami antar sendi, oleh karena itu biasanya akan terasa sakit jika kita menggerakkan tulang sendi kita.

Secara garis besar daun sirsak memiliki lebih dari 10 macam seperti untuk mempercantik wajah dan lain sebagainya, tapi karena keterbatasan waktu jua lah yang mengharuskan saya menghentikannya sampai sini. Mungkin pada kesempatan lain akan saya tambahkan manfaat daun sirsak yang lainnya.

Yang Indah Dalam Gamelan Alat Musik Traditional Indonesia

Gamelan, alat musik traditional bangsa Indonesia ini memang cukup istimewa tidak hanya bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat Jawa, Bali dan Sunda yang menjadi pionir dalam kemunculannya, namun masyarakat dari negeri asing pun mulai kepincut dengan keindahan alat musik tradisional gamelan ini. Tidak ingin punah, pemerintahpun ingin menjaga kelestarian instrument traditional ini dengan cara memasukan karawitan atau gamelan sebagai salah satu pelajaran disekolah-sekolah dan peminatnya pun tidak begitu mengecewakan di mana banyak siswa juga mulai tertarik lebih jauh lagi untuk mempelajari seni karawitan ini.

Namun, minat yang lebih besar justru ditunjukan para pelajar diluar negeri seperti Amerika. Para pelajar Amerika memiliki animo dan antusiasme yang luar biasa akan musik tradisi Indonesia yang satu ini, di mana sekarang pelajar Amerika juga berkesempatan untuk belajar memainkan musik gamelan setelah gamelan juga dimasukan kedalam mata pelajaran dibeberapa lembaga pendidikan di Amerika. Apa yang menjadikan alat musik gamelan ini begitu istimewa dan apa yang mendasari kecintaan masyarakat terhadap okestra traditional ini?

Indahnya Bunyi dan Fungsi

Banyak alasan yang bisa melatarbelakangi mengapa orang menyukai gamelan atau karawitan ini. Orang bisa dengan mudah jatuh cinta atau terpikat dengan perangkat musik lama ini karena kedahsyatan bunyi yang dihasilkan oleh gamelan. Perpaduan suara yang dihasilkan dari gamelan dari gabungan beberapa alat musik seperti kendang, gong, bonang, rebab, saron, slenthem dan lain lain menghasilkan sebuah harmoni yang begitu indah dan dinamis.

Suara atau bunyi yang khas dari musik gamelan sangat menentramkan dan memanjakan telinga bagi mereka yang mendengarnya. Fungsi istimewa gamelan sebagai alat musik yang sering diperdengangkan pada acara pagelaran wayang kulit, upacara ritual, penggiring tarian ataupun untuk acara keluarga kerajaan cukup menjadi alasan mengapa gamelan menjadi lebih memikat karena gamelan dinilai mampu mengantarkan atau mengambarkan emosi lebih sampai kepenonton lewat hentakan dan keteraturan nada yang dibunyikan.

Indahnya Nilai pada Gamelan

Selain bunyi yang khas unik dan indah, gamelan menyembunyikan kearifan atau nilai tersendiri yakni mengajarkan semangat kegotong-royongan dan kebersamaan kepada mereka yang memainkannya. Di mana gamelan tidak bisa dimainkan secara individu namun harus secara berkelompok guna menghasilkan harmoni suara yang luarbiasa. Untuk memainkannyapun dibutuhkan kerjasama dan kekompakan yang berpijak satu sama lain antar pemain sehingga dapat memupuk rasa kegotong-royongan.

Bukan hanya itu saja, gamelan dipandang sebagai alat musik positif yang mengajarkan antara keselarasan antara berbicara dan bertindak yang akan bermuara kepada sikap toleransi sesama. Hal ini tertuang dari paduan keseimbangan bunyi pada tiap alat musik gamelan di mana selalu dimainkan sesuai peran alat musik tersebut pada gamelan, seperti contohnya gong yang selalu dijadikan penutup irama yang menciptakan kesan rasa keharmonisan dan keteraturan yang terjaga.

Manfaat belimbing untuk kesehatan

Belimbing merupakan tanaman yang menghasilkan buah dengan bentuk khas, berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh buahnya berwarna hijau, jika dipotong buah belimbing mempunyai penampang atau berbentuk bintang.

Tanaman belimbing memiliki daun mejemuk yang panjangnya dapat mencapai 50 cm, bunganya berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan. Tanaman belimbing memiliki banyak cabang dan dapat tumbuh mencapai 5 m. Buah belimbing mengandung banyak vitamin C dengan rasa manis dan sedikit asam.

Buah belimbing memiliki banyak sari atau mengandung banyak air. Selain itu, buah belimbing memiliki kandungan gizi seperti kalori, karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Kandungan zat tersebut baik untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, belimbing merupakan buah yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh, terutama pada kandungan vitamin C nya. Manfaat belimbing dapat diperoleh dengan mengkonsumsinya dan berbagai macam cara pengolahan.

Manfaat buah belimbing untuk kesehatan

Belimbing merupakan salah satu buah yang kaya akan manfaatnya untuk kesehatan. Belimbing juga menyediakan banyak kalori dan vitamin C dari pada buah tropis lainnya. Berikut ini ada beberapa manfaat buah belimbing untuk kesehatan, yaitu :

  1. Menyehatkan sistem pencernaan
  2. Meningkatkan kerja enzim
  3. Mencegah penyakit kanker
  4. Kaya akan antioksidan
  5. Mengatasi tekanan darah tinggi
  6. Mengatasi gangguan ginjal
  7. Mengurangi kadar kolesterol jahat
  8. Mengatasi kulit berjerawat
  9. Menyuburkan dan menyehatkan rambut
  10. Menjaga kesehatan dan merawat kulit

Itulah beberapa dari manfaat buah belimbing untuk kesehatan, bahkan kecantikan. Selain manfaat untuk kesehatan di atas, belimbing dilihat dari banyak kandungan yang ada didalamnya tentu masih banyak lagi manfaatnya, baik untuk kesehatan, kecantikan bahkan pengobatan.

Namun, buah belimbing juga memiliki gangguan terhadap kesehatan pada orang yang bermasalah ginjalnya dan yang memiliki kolesterol tinggi atau penderita diabetes. Karena buah belimbing mengandung asam oxalat dan gula yang tinggi. Maka dari itu, bagi orang yang menderita gangguan tersebut harus menghindari mengkonsumsi buah belimbing.

Buah-buahan memang kaya akan manfaatnya untuk kesehatan, baik buah belimbing maupun jenis buah yang lainnya. Itulah sedikit artikel tentang tanaman belimbing dan manfaatnya untuk kesehatan, semoga memberi manfaat dan menambah pengetahuan bagi Anda yang membaca artikel ini.

10 pulau paling indah untuk dikunjungi di Indonesia

”Indonesia tanah air beta
Pusaka abadi nan jaya
Indonesia sejak dulu kala
S’lalu dipuja-puja bangsa”

Kali ini aku pengen ngebahas tentang keindahan Indonesia.. terutama pulau-pulaunya. Mungkin sebagian orang belum tahu keindahan pulau-pulau tersebut dan sekali lagi.. semuanya itu ada di Indonesia.. Gak usah jauh-jauh ke Phuket di Thailand atau ke Hawaii deh, coba jelajahin dulu yang ada di Indonesia, gak kalah menarik lho, Bule aja doyan, masa kita orang Indonesia gak doyan.

10. Pulau Umang

Pulau Umang terletak di Kabupaten Pandeglang, Banten, dan dapat ditempuh kurang lebih 4 jam perjalanan dari Jakarta. Pulau kecil nan cantik ini dibuka untuk umum dengan konsep resort & spa. Yang menarik di tempat ini adalah kita dapat melakukan berbagai macam olahraga air (seperti snorkling, jet ski dan banana boat) karena ombak di sini relatif tenang yang disebabkan letak pulau tidak langsung menghadap laut lepas. Fasilitas yang perlu dicoba tentu adalah spa, pasti beda deh dengan spa di perkotaan, karna di sini kita menjalani spa sembari menghirup udara laut nan segar.

9. Pulau Komodo

Pulau Komodo masuk ke daftar ini karena pulau ini termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia yang diakui oleh UNESCO, di mana tempat ini merupakan habitat komodo satu-satunya di dunia. Pulau ini terletak di ujung barat Nusa Tenggara Timur dan berbatasan dengan Nusa Tenggara Barat. Di sini selain dapat melihat kehidupan reptil purba tersebut kita juga dapat menikmati keindahan bawah lautnya. Menarik bukan?

8. Pulau Tidung

Buat yang tinggal di Jakarta gak usah jauh-jauh dulu cari lokasi wisata pantai dan laut yang indah. Pulau Tidung yang terletak di Kepulauan Seribu ini cocok untuk dicoba. Air lautnya yang masih jernih dan terumbu karang yang cukup bagus menjadi daya tarik utama. Kita juga bisa keliling pulau naik sepeda lho. Asyik kan! Yah pokoknya jadi alternatif wisata murah meriah deh buat yang bosen ke mall terus pas weekend di Jakarta.

7. Pulau Sempu

Pulau yang terletak di sebelah selatan kota Malang ini terkenal dengan danaunya yang berpasir putih (Segara Anakan) yang langsung terhubung dengan laut yang dibatasi tebing karang. Pulau ini tidak berpenghuni sehingga masih asri dan alami. Cocok untuk para petualang sejati.

6. Pulau Lombok

Bagi para turis mungkin Pulau Lombok sudah menjadi Bali kedua. Keindahan pantainya tidak kalah dengan pantai di Bali. Di Lombok juga ada pantai Kuta. Tentu beda dengan pantai Kuta yang di Bali, tapi soal pemandangan gak kalah indahnya kok. Oh iya.. untuk pecinta olahraga surfing tempat ini sangat-sangat recommended deh, udah sering banget diadain surfing competition di sini.

5. Pulau Karimun Jawa

Mungkin lebih cocok dinamakan Kepulauan Karimun Jawa karena terdiri dari 27 pulau dengan 5 pulau berpenghuni. Mirip-mirip dengan Kepulauan Seribu di sebelah utara Jakarta. Kepulauan ini terletak di sebelah timur laut kota Semarang. Tempat ini menawarkan keindahan pantai dan terumbu karangnya.

4. Pulau Derawan

Pulau yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini sering disebut dengan pulau penyu karna merupakan habitat langka penyu hijau dan penyu sisik. Pulau ini sangat indah dengan gradasi biru dan hijau, paduan warna laut dan lumut yang memukau. Sangat cocok untuk lokasi diving dan menjadi salah satu tempat diving favorit selain Bunaken.

3. Pulau Bunaken

Bunaken merupakan salah satu tujuan wisata utama di Indonesia. Terletak di Sulawesi Utara, tidak jauh dari Manado. Tempat ini terkenal dengan Taman Laut Bunaken, di mana kita bisa melakukan diving dan melihat keindahan kehidupan bawah laut dengan sistem rantai makanan yang sempurna. Pengen dong ngerasain nyelam sampai kedalaman 100 meter, melihat warna warni terumbu karang dan biotanya dengan air laut yang hangat khas tropis, wow!

BACA JUGA: Pengertian rantai makanan.

2. Pulau Raja Ampat

Pernah denger gak namanya? Mungkin bagi sebagian orang kurang familiar yah namanya. Pulau Raja Ampat terletak di Papua Barat. Tempat ini sangat eksotis dan menyimpan sejuta keindahan bawah laut. Mirip2 sama Phuket Island di Thailand deh. Serasa jadi Leonardo di Caprio di film The Beach. Tempat ini sangat-sangat recommended buat yang suka diving dan bisa menjadi alternatif pilihan selain Bunaken.

1. Pulau Bali

Jelas nomor satunya pasti Pulau Bali. Orang bule aja kalo ditanya tentang Indonesia pasti ngomonginnya Pulau Bali. Pulau nan eksotis dengan julukan Pulau Dewata ini memang menyimpan beragam keindahan alam dan budaya. Kalo cuman punya 3 hari untuk kelilingin pulau ini rasanya kurang deh, karena tempat wisatanya yang bisa dikunjungi banyak banget, apalagi wisata pantainya. Suasana di malam hari juga gak kalah menarik, terutama di daerah Kuta.

Alpukat dan manfaatnya untuk kesehatan

Alpukat merupakan tanaman yang menghasilkan buah dengan nama yang sama, yaitu buah alpukat. Tanaman yang banyak ditanam di pekarangan rumah, buahnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, karena buah alpukat banyak mengandung gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Buah alpukat sebagai buah yang kaya akan manfaatnya, tidak lepas karena kandungan didalamnya, yaitu seperti mengandung gizi, nutrisi, vitamin, serat, protein, tembaga, besi, fosfor, magnesium dan potasium. Dari kandungan tersebut, buah alpukat juga mampu melindungi tubuh terhadap serangan penyakit selain menyehatkan tubuh.

Bukan hanya itu saja, buah alpukat juga baik untuk dikonsumsi pada saat diet, untuk bayi dan ibu menyusui. Selain buahnya, bagian lain dari alpukat juga dapat digunakan dan dimanfaatkan, seperti biji alpukat dapat digunakan dalam dunia industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur. Alpukat juga dapat digunakan sebagai bahan pengobatan, seperti dapat mengobati sariawan, sakit kepala, darah tinggi, nyeri lambung dan yang lainnya.

Manfaat buah alpukat bagi kesehatan

Tidak diragukan lagi, buah yang satu ini memang kaya akan manfaatnya bagi kesehatan, itu karena kandungan yang ada didalamnya. Berikut ini ada beberapa manfaat buah alpukat untuk kesehatan yang dapat diketahui, yaitu :

  1. Mengontrol tekanan darah
  2. Menurunkan kadar kolesterol
  3. Menyehatkan jantung
  4. Anti-inflamasi
  5. Menyehatkan mata
  6. Menangkal radikal bebas
  7. Menyeimbangkan elektrolit tubuh
  8. Tinggi protein dan lemak tak jenuh
  9. Mempercepat penyerapan nutrisi
  10. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Itulah beberapa manfaat yang dimiliki buah alpukat untuk kesehatan. Buah yang dikenal sebagai makanan sehat untuk tubuh dapat diperoleh manfaatnya dengan berbagai macam cara olahan. Kebanyakan orang memanfaatkannya dengan cara di bikin jus.

Buah yang baik juga untuk diet dengan mengkonsumsinya sebagai pengganti makanan. Terdapat juga kandungan lemak baik tunggal yang dapat menggantikan lemak jahat dalam tubuh. Seratnya yang tinggi juga memberikan rasa kenyang lebih lama pada perut. Jadi, buah alpukat memang sangat kaya akan manfaatnya, bukan hanya untuk kesehatan saja.

Itulah sedikit artikel mengenai alpukat dan manfaatnya yang dapat diketahui. Konsumsilah buah alpukat setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan tubuh dan melindungi tubuh dari resiko terserangnya penyakit. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan juga pengetahuan bagi kamu yang membaca artikel ini.

Tari saman adalah Tari Gayo

Berdasarkan Wikipedia Indonesia, Tarian Saman merupakan sebuah kesenian Suku Gayo yang biasa ditampilkan untuk memperingati peristiwa-peristiwa penting dalam adat. Syair atau lirik dalam tarian Saman menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Gayo. Selain itu juga, biasanya tarian ini juga digunakan untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam beberapa literatur menyebutkan tari Saman di Aceh diciptakan dan dikembangkan oleh Syeikh Saman, seorang ulama besar yang berasal dari Gayo di Gayo Lues.

Kalau saya, tahu perihal tari saman ini dari nenek dulu, ketika beliau belum wafat selalu bercerita turun baba jikalau saman ialah tarian Gayo yang ditarikan oleh beberapa laki-laki dewasa dengan tarian Gayo, dengan Bahasa Gayo, dan Baju adat Gayo. Tari saman diciptakan oleh Peraman, seorang penyiar Islam di Tanoh Gayo, yang merupakan orang Gayo, menurut nenek saya.

Saya selalu sedih jika orang-orang di Indonesia selalu menyangka bahwa saman adalah tari Aceh. Menurut saya ini salah. Karena tari saman tidak diciptakan di Aceh, melainkan di Gayo, dan merupakan bukti otentik dari tulisan yang saya ambil di atas yang menyebutkan bahwa saman diciptakan di daerah Gayo. Maka wajarkah tarian itu disebut sebut tarian Aceh? Lantaran daerah Gayo juga berada di Aceh?

Sekarang ini tari saman sedang didaftarkan ke PBB sebagai warisan budaya dunia dengan nama Tari Saman Aceh. Dan memecahkan rekor Indonesia dengan nama Saman Aceh.

Namun, ada hal yang sering membuat Saya hanya terpikir kalau tarian saman berasal dari daerah Gayo yang notabene-nya merupakan bagian dari ratusan suku bangsa yang tersebar di indonesia, mungkinkah Saman dinyanyikan dengan lagu Aceh dan memakai busana adat Aceh? Jika Gayo dan Aceh adalah nama suku bangsa, mungkinkah tari Saman disebut tari saman Aceh? Menurut saya lebih cocok dinamakan Tari Saman Gayo.

Untuk itulah saya memposting tulisan ini, saya hanya ingin sekadar orang-orang Indonesia ini tahu bahwa saman itu bukan saman Aceh, tapi merupakan Tarian yang berasal dari Budaya Gayo atau lebih tepatnya dari Gayo Lues, hati saya selalu sedih ketika orang selalu memiliki persepsi bahwa Gayo semakin tenggelam di bawah kata Aceh. Menurut pandangan saya Gayo adalah Gayo dan Aceh adalah Aceh. Kita memang satu di bawah Administrasi Politik dan Pemerintahan, tapi tidak dalam budaya. Keduanya merupakan suku dan budaya yang ada di Aceh, dan tidak bisa disamakan, sebab dari bahasa saja sudah berbeda.

Jika Tari Saman adalah tari Aceh, maka anggapan saya tari saman adalah tariannya suku Aceh. Belum pernah saya mencari literatur yang ada di internet kalau tari Saman diciptakan di wilayah suku Aceh dan dulu ketika diciptakan menggunakan syair berbahasa aceh dan menggunakan pakaian Aceh. Jadi pertanyaannya mungkinkah sebuah tari yang diciptakan di Gayo ditarikan dengan Syair bahasa Aceh, dan menggunakan pakaian adat Aceh? Dan pantaskah Tari Saman di daftarkan sebagai warisan dunia sebagai tari Saman Aceh? Bahkan salah satu seni budaya yang akrab ditelinga saya yaitu Reog Ronorogo, jarang sekali saya dengar jikalau Reog Ponorogo di ungkapkan dalam Reog Jawa Timur.

Tulisan ini hanyalah tulisan dari seorang Anak Gayo yang bersedih hatinya ketika mendengar Seni dan budayanya diakui sebagai seni dari orang lain. Bagaimana dengan Karya seni Indonesia yang di klaim Malaysia? Mungkin sebagai orang yang pernah merasa kesal terhadap Malaysia bisa mengerti bagaimana perasaan saya dan perasaan Ribuan masyarakat Gayo yang ada di Gayo atau Aceh sana. Sama sekali tidak ada keinginan saya untuk memecah belah apapun antara Aceh dan Gayo. Ataupun keinginan untuk mengubah sejarah budaya saya. Karena saya selalu percaya kalau almarhumah nenek saya tidak akan membohongi cucunya yang beliau sayangi ini.

Apa sebenarnya jerawat itu?

Seperti yang kita ketahui, jerawat adalah momok bagi sebagian besar wanita. Bekas yang ditimbulkan serta tampilan yang dirasa berbeda ketika bagian dari wajah diserang menjadikan alasan mengapa para wanita sangat membencinya. Begitu banyak produk kecantikan rela diborong para wanita untuk menangani keadaan wajah yang mulai menunjukkan bintilan–bintilan kecil yang biasanya berwarna merah ini.

Namun apakah ada yang tahu apa sebenarnya itu? Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori–pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Seorang peneliti mengatakan rasanya tidak ada satu pun orang di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa jerawat.

Penyebab Jerawat

Begitu banyak penyebab dari jerawat salah satunya adalah produksi minyak berlebih. Gangguan dari produksi kelenjar minyak yang berlebihan menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori–pori kulit. Tumpukan dari minyak tersebut akan berkolaborasi dengan bakteri sehingga menimbulkan sebuah benjolan peradangan.

Selain itu faktor lain adalah hormonal. Hormon androgen yang meningkat ketika menginjak usia remaja atau pubertas. Penyebab lain adalah gaya hidup yang menimbulkan stres, diketahui akan mempengaruhi kerja hormon juga. Sedangkan bagi para ibu–ibu yang sedang mengonsumsi pil KB, kemungkinan untuk memiliki bintik–bintik merah ini juga ada. Dan satu hal yang bisa menjadi faktor risiko adalah faktor genetik atau keturunan.

Penanganan Kulit Berjerawat

Sebenarnya untuk mengobati jerawat ini tidak selalu sulit. Prinsip utama yang harus dipegang adalah rajin membersihkan wajah atau muka. Rawat wajah dengan sebaik mungkin dan agar selalu tetap bersih. Kita harus mengenali jenis kulit kita juga dan memilih sabun pembersih yang cocok dengan jenis kulit. Selain cara ini kita juga harus tetap menjaga gaya hidup kita.

Gaya hidup stres serta memakan makanan yang mengandung minyak berlebih menjadi salah satu penyebab. Oleh karena itu hindarilah makanan berlemak terlalu banyak yang dapat memicu timbulnya reaksi peradangan lebih mudah. Selain itu tetap lah menjaga agar tidak terlalu sering berada dalam kondisi stres. Karena kondisi stres akan memicu hormon di mana dapat memicu pula lebih mudah pembentukan jerawat pada wajah.

Jenis dan perawatan bunga anggrek yang harus kamu ketahui

Jenis dan perawatan bunga anggrek yang harus kamu ketahui. Para pembaca sekalian, menanam bunga anggrek yang indah itu memang gampang gampang susah. Gampang bagi kamu yang sudah mengerti dan tahu pola perawatan setiap jenis tanaman anggrek dan susah terutama bagi pemula yang belum punya banyak pengalaman.

Seperti kita ketahui bersama bahwa ada ribuan bunga anggrek dan ragamnya yang ada di dunia ini. Penyilangan jenis bunga anggrek yang satu dengan yang kainya akan menghasilkan spesies baru. Oleh karena itu jenis bunga anggrek jumlahnya bisa jadi tidak terbatas. Untuk mengelompokkan anggrek para ahli anggrek mengelompokkan jenis dan ragam bunga anggrek berdasarkan tempat ia tumbuh.

Jenis bunga anggrek

1. ANGGREK EPIFIT

Bunga Anggrek jenis ini mendominasi jenis Anggrek di dunia. Anggrek ini hidup menempel pada pohon. Anggrek jenis ini biasanya mempunyai pseudobulb atau batang yang menggembung. Anggrek epifit melekat pada akar. Di alam Anggrek epifit mendapatkan makanan dan air dari embun dan materi lapukan pada kulit pohon yang diserap oleh akar. Contoh anggrek epifit adalah Dendrobium, Phalaenopsis, Bulbophyllum, Coelogyne, Grammatophyllum, Cattleya dan Liparis.

2. ANGGREK TERRESTRIS

Anggrek ini tumbuh di tanah. Beberapa contoh Anggrek terrestris adalah : Arachnis flos-aeris, Spathoglottis pliacata, Arundina graminifolia, Phaius, Epipactis, Cypripedium, Paphiopedilum dan Goodyera.

3. ANGGREK SAPROFIT

Daun Anggrek saprofit biasanya kecil dan tanpa klorofil. Beberapa bahkan tidak memiliki daun. Anggrek ini mendapatkan makanan dari humus. Habitatnya di tanah berseresah. Anggrek jenis ini belum dilirik sebagai tanaman hias karena jasad dan bunganya dianggap kurang menarik. Contoh Anggrek saprofit adalah : Didymoplexis, Epipogium.

4. ANGGREK AMOEBOFIT

Anggrek ini hidup di tanah. Pada periode tertentu hanya tampak daun saja dan pada periode berbunga hanya berupa bunga tanpa daun. Antara periode daun dan periode bunga terdapat masa dorman. Anggrek ini biasanya memiliki umbi. Seperti halnya anggrek saprofit, jenis ini juga belum dibudidayakan sebagai tanaman hias. Contoh Anggrek Amoebofit adalah : Nervillia.

5. ANGGREK LITOFIT

Bunga Anggrek ini tumbuh menempel pada batu terutama yang berlumut. Di alam anggrek jenis ini seringkali merupakan anggrek epifit atau anggrek terrestris. Dengan kata lain beberapa anggrek epifit dan terrestris dapat tumbuh pada batu, contoh : Spathoglottis , Dendrobium dan Eria.

Nah sekarang kita suidah tahu jenis jenis anggrek berdasarkan bagaimana sang bunga anggrek idaman kita tumbuh. Sekarang untuk bisa menghasilkan bunga anggrek yang vanmtik kamu harus melakukan perawatan bunga anggrek yang indah itu dengan baik dan benar. Berikut kami sajikan ulasan tentang cara nelakukan perawatan bunga anggrek secara umum.

Bibit anggrek

Untuk bibit bunga anggrek yang baik yaitu tanaman anggrek yang sudah berusia 1 tahun atau jika kita melihat pada daunnya sudah mencapai 1 cm dan diikuti munculnya akar berjumlah dua atau tiga helai. Bibit anggrek dapat kita tanam pertama kalinya pada pot plastik kecil. Setelah 3 bulan, bibit anggrek tersebut bisa dipindah pada tempat baru seperti pot kecil dengan ukuran 8 sampai 10 cm untuk 3 atau 5 bibit tanaman.

Masukkan larutan fungisida dan pupuk organik pada tiap pot kecil tersebut. Tiga bulan kemudian bibit anggrek pada pot kecil Dapat dipindahkan pada tempat yang lebih besar berisi satu tanaman anggrek. Selain itu, pastikan setiap 6 hingga atau 8 bulan sekali kita perlu mengganti medianya dengan yang baru.

Perawatan bunga anggrek

Menyiram anggrek dengan teliti : Anggrek harus disiram secara menyeluruh ketika kering. Penyiraman yang berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi anggrek sehingga hal tersebut perlu dihindari oleh para pecinta anggrek.

Mengondisikan temperatur yang cocok : Anggrek tumbuh paling baik 18-30 °C dan masih dapat bertahan sekitar 10 °C pada malam hari. Anggrek perlu dilindungi dari perubahan temperatur yang ekstrim dan pancaran sinar matahari langsung.

Memupuk pada saat yang tepat : pemberian pupuk dengan takaran yang pas harus dilakukan. Permberian pupuk yang berlebihan harus dihindari dan dosis pupuk yang diberikan perlu dijaga agar tetap rendah. Bunga Anggrek memerlukan pemupukan yang teratur selama musim panas sedangkan di musim dingin, frekuensi pemupukan dapat lebih jarang dari pada pemupukan pada musim panas.

Tumbuhkan pada wadah/pot yang cocok : Anggrek adalah tanaman epifit dan senang untuk memiliki akar napas. Mengubur anggrek dengan paksa di dalam tanah harus dihindari dan akar harus dapat tumbuh keluar pot.

Menyediakan intensitas cahaya dan kelembapan yang tepat : Anggrek menyukai kondisi udara yang lembap untuk tumbuh. Baki/penampang yang lembab dapat digunakan untuk tujuan ini. Selaras dengan kelembapan, siklus aliran udara yang seimbang akan meningkatkan pertumbuhan tanaman anggrek.

Tanaman anggrek memang tanaman yang membutuhkan peraatan yang khusus. Namun demikian usaha keras kamu akan terbayar dengan manyaksikan bunga anggrek kamu berbunga dengan lebat. silahkan juga baca tentang ikan hias karena ikan hias yang cantik. Dengan mengetahui perawatan ikan hias kamu bisa berternak ikan hias profesional yang menguntungkan juga semakin di buru orang.

Surga-surga tersembunyi di Sumatera Barat

Sumatera barat adalah provinsi yang terkenal akan makanan nya yang lezat, budayanya dan alamnya yang Indah. Berikut surga-surga tersembunyi yang ada di Sumatera Barat:

Pulau Pasumpahan

Pulau pasumpahan adalah pulau cantik dengan pasir lembut dan air yang jernih, yang siap akan memanjakan mata kamu. Terletak di kecamatan Bungus, Teluk kabung, Kota Padang. Untuk mencapai pulau pasumpahan kamu harus menaiki perahu sekitar 15-20 menit.

Di pulau Pasumpahan kamu bisa Snorkling, bermain beberapa wahana water sport, bermain volli, camping dan kamu bisa mendaki bukit setinggi 100m di sana.

Kawasan Mandeh

Kawasan Mandeh terletak di kecamatan koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. Selain bentuknya yang indah kawasan Mandeh juga cocok untuk melakukan berbagai kegiatan atraksi wisata seperti: snorkling, scuba diving, camping, sky air, banana boat, memancing dan kegiatan pariwisata lainnya.

Keindahan bawah laut dikawasan itu juga menakjubkan dan dipercantik lagi dengan keberadaan terumbu karang yang masih sangat terjaga dan bangkai kapal Belanda yg tengggelam dikawasan itu. Kapal itu bernama Boelongan, tenggelam pada zaman penjajahan dahulu.

Lembah Harau

Lembah Harau merupakan lembah yang subur terletak di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, Berada sekitar 138 km dari kota Padang.

Di lembah harau terdapat beberapa air terjun yaitu: sarasah bunta, sarasah murai, sarasah Aie Luluih. Selain Air terjun di harau juga ada Taman untuk tempat bersantai yang di lengkai dengan wahana air, kebun binatang dan panjat tebing.

Padang Mangateh

Padang mangateh disebut juga New Zealand-nya Indonesia. Hamparan padang rumput yang luas, sapi-sapi yang berkeliaran mencari makan, di kelilingi oleh bukit-bukit dan udara yang sangat sejuk, pasti lah membuat kita yang dating kesan menjadi terkagum-kagum.

Air terjun Lubuak batang

Air Terjun Lubuk Batang terletak di Jorong Koto Bangun, Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota. Air Terjun Lubuk Batang memang belum terekspos ke masyarakat luas, hanya warga sekitar saja yang tahu karena tempatnya yang tersembunyi dan jauh dari akses jalan utama. Tapi sekarang orang-orang sudah banyak yang tahu dan ingin pergi ke sana.Air terjun ini memang unik dan indah.

Unik dikarenakan terletak di antara dua tebing batu yang mengapit dan ada pasirnya di tengah-tengah lokasi air terjun dan pasirnya sama halnya dengan pasir pantai yaitu putih bersih dan halus hingga kita bisa membenamkan diri di dalamnya bahkan bisa buat kemping dilokasi ini, unik banget.

Gimana sangat menarikkan? Jadi tunggu apa lagi? ayo kunjungi Sumatera Barat!

Bunga Matahari Merah, Bibit Tanaman yang Banyak Diburu

Bunga matahari. Ya, siapa yang tidak memahami tipe bunga indah yang satu ini? Bunga ini selalu disukai sebagian orang karena keindahan warnanya dan sifatnya yang selalu condong ikuti arah matahari. Hingga saat ini, kita tahu bunga matahari sebagai tipe bunga yang memiliki kelopak besar berwarna kuning dan bulatan coklat mempunyai ukuran lumayan besar di tengahnya.

Tipe bunga matahari ini yaitu tipe yang paling umum dan bibit tanaman tipe ini dapat sudah bisa kamu dapatkan di beberapa toko bibit tanaman yang ada di daerah kamu. Apabila bunga matahari berwarna kuning sangat umum dijumpai, lantas bagaimana dengan bunga matahari berwarna merah? Kata siapa bunga matahari berwarna merah tidak ada? Sunflower velvet queen yakni jawabannya.

Bunga matahari dengan kelopak berwarna merah menyala ini memang yaitu varietas yang tengah ramai dicari oleh biasanya customer pengagum tanaman karena disangka sebagai bunga yang unik atau tidak umum. Warnanya yang merah mencolok berikanlah kesan lain pada indera pkamungan kita. Walaupun dari sisi lain, bunga ini memiliki segi yang sama saja dengan bunga matahari kuning, namun sebagian orang yang baru pertama kalinya memkamungnya dijamin akan tercengang sebentar.

Kekhasan bunga yang satu ini semakin banyak disukai oleh customer karena segi dari masing-masing bunganya aman untuk dikonsumsi. Bibit tanaman ini pada intinya tidak memiliki perbedaan dengan bibit bunga matahari kuning. Bijinya atau yang umum disebut kuaci tetaplah bisa menjadikan camilan ataupun diambil minyaknya.

Seperti yang sudah diterangkan lebih dahulu bila tidak ada perbedaan yang utama pada bunga matahari merah dengan yang kuning. Lewat cara morfologi atau ciri umum seperti dimensi bunga, daun, batang, dan yang lain, bunga matahari merah ini masih tetap sama saja dengan bunga matahari umumnya.

Kecuali memiliki kesamaan dalam morfologi atau bentuk fisiknya, dari segi penanamannya juga, bunga matahari merah ini bisa sama gampangnya dengan bunga matahari umumnya. Perawatannya juga tidaklah sangat sulit. kamu tinggal semai saja bibit tanamannya di dalam pot lalu siram dengan teratur. Jangan sampai lupa isi pot dengan kompos! Bila sudah lumayan tinggi, tanaman baru bisa dipindahkan ke tanah yang banyak diserang pancaran sinar matahari.

Perawatan tanaman ini apabila sudah besar juga tidak sulit, asal kamu tetaplah menyiraminya, berikan pupuk dan pestisida, tanaman bernama latin Helianthus Annuus ini sudah akan tumbuh subur dengan sendirinya. Rutinlah melindungi tanaman ini karena bila tanaman tengah stress, jadi warnanya pasti akan memudar.